Doa Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Hikmah dan Keutamaannya

Puasa merupakan bagian dari 5 Rukun Islam, dimana suatu amalan yang utama selain dari shalat wajib. Dengan melaksanakannya maka seseorang dapat terhindar dari berbagai macam godaan syahwat selama ia hidup di dunia yang pada akhirnya akan membuatnya terlepas dari siksa api neraka ketika di akhirat kelak. Meskipun puasa ramadhan menjadi puasa yang wajib untuk dilakukan, akan tetapi Hikmah Puasa Sunnah seperti puasa senin kamis, Puasa Mutih 3 Hari, Puasa Sunah Idul Adha akan menjadi penyempurna keimanan seseorang dengan melakukan sunnah yang Rasulullah anjurkan.

Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya:

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim)

Selain puasa yang diwajibkan bagi seluruh umat muslim, islam juga menganjurkan untuk mereka melaksanakan puasa sunnah guna menambah kekurangan-kekurangan yang terdapat pada puasa wajib. Cukup banyak macam-macam puasa sunnah yang dilakukan Rasulullah, namun Puasa Senin Kamis menjadi puasa yang paling sering Rasulullah lakukan.

Dan sebagai umat muslim, tentu tak asing lagi bagi kita ketika mendengar tentang puasa senin kamis. Dimana ini merupakan puasa sunnah yang Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam sangat menganjurkan untuk melaksanakannya dan beliau sendiri pun merupakan hamba Allah SWT yang selalu mengamalkan puasa tersebut.

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata :

كَانَ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّي صَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ

Artinya:

Adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani)

Mengapa Rasulullah sangat menyukai berpuasa di hari senin dan kamis ?

عَنْ اَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ ؟ فَقاَلَ ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ اَوْ اٌنْزلَ عَلَيَّ فِيْهِ

Artinya:

Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

وَعَنْ اَبِيْ هَرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُعْرَضُ اْلَاعْمَالُ يَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَاُحِبّ اَنْ يٌّعْرَضَ عَمَلِيْ وَاَنَا صَائِمٌ

Artinya:

Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rosulululloh SAW bersabda : “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)

Adapun tata cara pelaksanaan puasa sunnah senin dan kamis adalah sama dengan pelaksanaan puasa-puasa pada umumnya, yaitu mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari di hari senin dan juga kamis. Dan untuk niatnya, cukup dilakukan dengan berkata dalam hati bahwa Anda berniat menjalankan puasa sunnah senin dan kamis yang tentunya hal tersebut dilakukan semata-mata karena Allah Ta’alaa.

Adapun niat puasa sunnah senin dan kamis adalah sebagai berikut :

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعالى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA.”

Artinya:

Aku berniat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعالى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA.”

Artinya:

Aku berniat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Cara Agar Keinginan Cepat Terkabul yaitu dengan berpuasa. Puasa memiliki arti dan keutamaan yang sangat penting yang perlu kita ketahui sebagai seorang muslim. Terutama bagi anda seorang muslim yang rajin menjalankan puasa senin kamis.  Banyak sekali hikmah yang bisa kita dapatkan dalam menjalankan puasa sunnah senin dan kamis, seperti hikmah spiritual, keutamaannya di hadapan Allah SWT, serta hikmah dari segi kesehatan.

Berikut ini beberapa keutamaan puasa senin kamis yang patut anda ketahui :

Senin dan kamis adalah hari dimana pintu-pintu surga dibuka; sehingga pada kedua hari tersebut, seluruh dosa-dosa yang telah dilakukan oleh umat muslim seperti Dosa yang Tak Terampuni Oleh Allah SWT akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT, kecuali bagi mereka yang sedang bermusuhan.

Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Artinya:

Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

Artinya:

Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

  1. Senin dan kamis merupakan hari dimana amalan-amalan manusia akan diangkat dan diperiksa di hadapan Allah SWT.

Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ اْلاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya:

Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

  1. Hari kamis merupakan hari dimana kebanyakan perjalanan (safar) Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam dilakukan.

Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu pernah mengatakan :

لَقَلَّمَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ إِذَا خَرَجَ فِي سَفَرٍ إِلاَّ يَوْمَ الْخَمِيْسِ

Artinya “Sangat jarang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu juga pernah mengatakan :

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ فِي غَزْوَةِ تَبُوْكَ وَكَانَ يُحِبُّ أَنْ يَخْرُجَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ

Artinya “Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

  1. Hari Senin merupakan hari dimana Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT.

Sejarah telah mencatat bahwa Rasulullah Sholallahu Alaihi wassalam dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah, atau bertepatan dengan tanggal 27 April 571 Masehi.

عَنْ اَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ ؟ فَقاَلَ ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ اَوْ اٌنْزلَ عَلَيَّ فِيْهِ

Artinya:

Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Manfaat dari Menjalankan Puasa Senin Kamis

Selain keutamaan tersebut di atas, ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dalam melaksanakan puasa sunnah senin dan kamis, diantaranya :

1. Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang

Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang. Manfaat berpuasa juga dapat membantu dalam melatih kesabaran, melatih menguasai diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas ketaqwaannya kepada Allah SWT.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

2. Melatih diri untuk berdisiplin

Dengan berpuasa, maka seseorang akan dilatih untuk selalu berdisiplin dalam segala hal, karena ia merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang ia lakukan sehingga ia akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal-hal yang nantinya dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasanya.

3. Dapat terhindar dari godaan syaitan

Berpuasa memberikan gambaran bahwa dengan melakukan ibadah tersebut jalan syaitan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat. Dengan begitu akan dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT.

 

4. Dapat meningkatkan amalan

Dengan berpuasa, kita akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang nantinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

5. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur

Dengan berpuasa, rasa simpatik kita terhadap orang lain akan semakin meningkat, terutama bagi mereka yang memiliki keberuntungan yang masih jauh dibawah kita. Dan dengan begitu akan menjadikan kita lebih tahuCara Mensyukuri Nikmat Allah SWT.

6. Berpengaruh besar pada kesehatan tubuh

Banyak ahli kesehatan yang menyatakan bahwa puasa baik bagi kesehatan seseorang. Puasa dapat membersihkan tubuh serta sebagai penyembuhan bagi berbagai penyakit. Saat berpuasa, sistem pencernakan kita dapat beristirahat sehingga sistem tubuh yang lainnya dapat bekerja lebih baik.

Pengertian Puasa Sunah


Dalam agama apapun, kita pasti menemui istilah puasa meskipun terdapat perbedaan dalam cara pelaksanaannya. Puasa atau yang sering disebut Shoum dalam bahasa arab adalah menahan diri dari makan beserta minum dan hal-hal yang membatalkannya, mulai dari terbitnya fajar shidiq hingga terbenamnya matahari guna meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Sunah sendiri adalah salah satu hukum dalam islam yang apabila dikerjakan mendapat pahala, namun jika ditinggalkan tidak mendapatkan dosa.

Jadi, pengertian puasa sunah adalah menahan diri dari  makan dan minum serta hal yang membatalkan dari terbitnya fajar shidiq sampai terbenamnya matahari yang apabila dilakukan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa.

Puasa sunah adalah salah satu ibadah sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah karena terdapat beberapa keuntungan di dalamnya. Adapun puasa yang disunahkan antara lain yaitu : Puasa Arafah, Puasa Asyuro, puasa  Syawal, puasa senin kamis dan puasa-puasa yang lainnya.

Pelaksanaan puasa sunah sedikit lebih berat dari pada puasa wajib. Karena pelaksanaan puasa wajib memang tuntutan agama dan apabila tidak dikerjakan akan mendapat dosa. Namun jika puasa sunah memang tidak ada tuntutan untuk harus mengerjakan dan merupakan kesadaran dari muslim itu sendiri. Tapi puasa sunah oleh Rasulullah telah dijanjikan pahala yang besar karena akan menjadi ibadah tambahan atau bonus sobat.


Dalil Anjuran Puasa Senin Kamis


Agama islam memerintahkan untuk berpuasa bukan tanpa alasan, Setiap ibadah yang kita lakukan pasti berlandaskan pasa dalil-dalil. Sobat  ingin semakin yakin kalau puasa senin itu adalah sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah. Kita akan ulas dalil-dalil yang menganjurkan kita untuk puasa sunah.

Dari  ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata :

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Artinya : Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terbiasa menaruh pilihan  berpuasa pada hari Senin dan Kamis. (Hadits Riwayat An-Nasa’I No. 2362 dan Ibnu Majah no.1739)Al- Hafidzh Abu Thahir mengatakan hadits ini hasan dan Syaikh Albani mengatakan hadits ini shahih.

Hadits tersebut sudah jelas bahwa Rasulluhpun memilih hari senin dan kamis untuk melakukan ibadah puasa sobat. Untuk mengerti alasan kenapa Rasullulah puasa dihari itu yuk simak dalil selanjutnya.

Dari Usamah bin Zaid mengatakan  :

 

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ »

Artinya : Aku berkata kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa hingga dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak berpuasa. Engkau juga terlihat tidak puasa sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu”.  Nabi lalu bertanya , “Apa dua hari itu?”. Usamah menjawab “Senin dan Kamis”. Lalu Rasulullah bersabda “Pada dua hari tersebut adalah hari dimana dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam. Aku sangat suka amalku dihadapkan sedang aku daklam keadaan berpuasa.” (Hadits Riwayat An-Nasa’I no.2360 dan Ahmad 5: 201)

Al- Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad dari hadits ini adalah hasaan.

  • Usamah bin zaid adalah sahabat sekaligus jenderal termuda yang pernah memimpin peperangan ketika ia masih berusia 18 tahun. Jadi karena usamah penasaran karena melihat rasulullah terlihat  selalu berpuasa, tapi juga tidak terlihat kalau beliau berpuasa kecuali pada 2 hari tersebut yaitu hari senin dan kamis. Ternyata rasulullah  berpuasa pada hari itu karena hari tersebut merupakan hari dimana amalan-amalan yang kita kerjakan akan dihadapkan  kepa Allah dan Rasulullah menyukai amalnya dihadapkan sedang beliau dalam  keadaan berpuasa.

Dalil selanjutny dari Abu Qotadah Al- Anshori RA atau al- Harits bin Rib’iy (Nama Asli), Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa dihari Senin, lalu beliau menjawab.

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

“Hari itu adalah hari dimana aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku”.  (Hadits Riwayat Muslim no.1162)

Alasan diatas juga merupakan alasan mengapa rasulullah mengerjakan puasa senin kamis. Rasulullah mengungkapkan bahwa pada hari itu adalah hari istimewanya yaitu  hari dimana ia dilahirkan.


Doa Niat Puasa Senin Kamis


Dalam setiap ibadah pastinya ada hal yang harus disertakan dalam ibadah tersebut sobat, termasuk niat puasa senin dan kamis.  Niat adalah keinginan dalam hati untuk melakukan suatu ibadah yang ditunjukkan hanya kepada Allah. Adapun bacaan untuk niat puasa senin kamis yaitu:

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ   صَوْمَ     يَوْمَ  اْلاِثْنَيْنِ   سُنَّةً   للهِ   تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatal lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa pada hari senin, sunah karena Allah ta’ala”

 

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ   صَوْمَ    يَوْمَ   الْخَمِيْسِ   سُنَّةً   للهِ    تَعَالَى

Nawaitu Sauma yaumal khomisi sunnatal lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa hari kamis, sunah Karena Allah ta’ala”

 

Niat sebenarnya ada di dalam hati, namun pengucapan niat akan menuntun hati bersama ucapan tersebut serta mempertegas tujuan kita melakukan suatu ibadah. Niat merupakan rukun dalam semua ibadah. Setiap ibadah apapun tidak akan diterima jika tidak disertai dengan niat yang benar.

Membahas masalah niat, sobat sudah pernah mendengar tentang perbedaan niat puasa sunah dengan puasa wajib belum? . Peletakan niat puasa sunah dengan puasa wajib ini berbeda .

Niat puasa wajib harus dilakukan sebelum terbit fajar dan lebih baik dibarengi dengan makan sahur, dan apabila diniati setelah terbitnya fajar maka puasa wajib dianggap tidak sah.

Sementara puasa sunah, lebih utamanya sebelum terbit fajar pula seperti niat puasa wajib, tetapi sobat jangan khawatir karena niat puasa sunah juga boleh sampai menjelang tergelincirnya matahari loh. Dengan syarat sejak terbit fajar sampai niat diucapkan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, termasuk makan.

Hal tersebut terdapat pada kitab bulughul Marom karya Ibnu Hajar yang disebutkan bahwa :

keutamaan puasa senin kamis

“Dari ‘Aisyah Ummul Mukminin, beliau berkata  ”Nabi Muhammad SAW pernah menemuiku pada suatu hari , lalu beliau bertanya ,”Apakah kalian memiliki sesuatu untuk dimakan?” Kamipun lalu menjawab “Tidak ada ”  Beliaupun kemuadian berkata, “Kalau begitu saya berpuasa saja sekarang”. (Hadits Riwayat Muslim no.1154)

Nah, dari hadits tersebut sobat sudah jelas ya bahwa niat puasa ternyata bisa lakukan setelah terbit fajar. Jadi misalnya sobat tidak sempat atau lupa ber niat puasa senin kamis sebelum fajar, bisa diniatkan setelahnya.


Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis


  • Meningkatkan Ketakwaan Dan Pahala Akan Dilipatgandakan

Sebagai seorang muslim, beribadah apapun tak lepas dari hasrat seorang hamba  untuk selalu dekat dengan Tuhannya , memperoleh ketenangan dan memenuhi kebutuhan rohani. Namun sobat perlu ketahui bahwa selain kita merasa dekat dengan Allah, ternyata Allah SWT telah menyiapkan bonus atau balasan untuk hambanya yang beribadah dengan ikhlas,  dan balasan –balasan tersebut telah jelas ditulis dalam Al-Qur’anul Karim maupun Hadits-hadits Rasulullah.

Keutamaan dan Perintah puasa telah terang dijelaskan oleh Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi :

keutamaan puasa senin kamis
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian untuk berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu supaya kamu bertaqwa”

Dalam ayat tersebut, sudah jelas kan sobat bahwa perintah berpuasa ini tidak lain untuk kebaikan kita sendiri yaitu untuk meningkatkan ketakwaan. Meskipun ayat tersebut ditujukan untuk melaksanakan puasa wajib. Namun keutamaan puasa sunah sudah menjadi satu didalam ayat tersebut, yaitu” supaya kamu bertakwa” .

Jika Allah telah menjanjikan sobat jika melaksanakan puasa wajib memperoleh ketakwaan, Seorang hamba  dengan sukarela menjalankan puasa sunah dan iklash menjalankannya, bukankah tingkat ketakwaan seorang hamba juga akan semakin meningkat?.
Selain tingkat ketakwaannya meningkat, Allah pun juga akan menambah balsan hamba-hamba yang rela menahan lapar dan hausnya karena Nya. Rasulullah telah menyampaikan  dalam hadistnya yaitu :

keutamaan puasa senin kamis 4

“Tiap-tiap amalan kebaikan yang dilakukan manusia kelak akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus  kali lipat. Allah ta’ala berfirman bahwasanya “Kecuali amalan puasa, Amalan puasa tersebut untuk-Ku, Aku sendiri yang akan membalasnya. Karena  ia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena Ku . Bagi orang yang berpuasa ia kan mendapatkan dua kebahagiaan. Yaitu kebahagiian saat ia berbuka dan kebahagiaan saat ia berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum disisi Allah daripada bau minyak kasturi ” (Hadist Riwayat Muslim)

Sungguh Allah maha pemberi rahmat, dengan hamba-hambanya yang melakukan ibadah apapun berupa amalan kebaikan, telah Allah janjikan untuk mereka  pahala yang berlipat ganda. Bahkan ibadah puasa sendiri, Allah akan memberi pahala kepada mereka secara langsung, karena kerelaan hambanya menahan makan, minum dan syahwat. Selain itu kebahagiaan seorang berbuka tidak didapatkan oleh orang-orang yang tidak melaksanakan puasa dan mendapatkan kebahagiaan bertemu dengan Rabbnya.

Sengguh bahagianya ketika seorang hamba yang berpuasa ketikan bertemu dengan Rabbnya, Subhanallah.

  • Pintu Surga Terbuka

Keutamaan selanjutnya bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa sunah senin kamis yaitu pintu surga selalu terbuka untuknya. Seperti pada sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA:

keutamaan puasa senin kamis

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan apapun kelak akan diampuni dosanya, kecuali diantara di antar dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Kemudia dikatakanlah “ Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini hingga mereka berdamai , Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini hingga mereka berdamai” (Hadist Riwayat Muslim)

Dalam Hadits lain juga menyebutkan bahwa terdapat Allah telah menyediakan surga yang diperuntukan khusus untuk orang-orang yang suka melakukan ibadah puasa, surga tersebut bernama Ar-Rayyan.
Dalam Hadist  Riwayat Bukhori dan Muslim menyebutkan:

keutamaan puasa senin kamis

“Sesungguhnya di surga terdapat pintu  yang bernama ar-Rayyan  diaman akan dimasuki oleh orang-orang yang sering menjalankan ibadah puasa  kelak dihari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali prang yang suka berpuasa. Dikatakan bahwa ‘manakah orang-orang yang suka berpuasa ? mereka semua pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah memasukinya, maka pintu tersebut  ditutup sehingga tidak ada seorangpun masuk melaluinya lagi”.

  • Hari Senin Merupakan Hari Rasulullah Dilahirkan Dan Menerima Wahyu-Wahyu

Sobat pasti sudah tahu kapan Rasululah lahir, Rasulullah SAW dilahirkan hari senin  12 Rabi’ul awal tahun gajah, tepatnya tanggal 27 April 571 Masehi .

“Dari Abu Qotadah RA , sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya mengena puasa senin, maka Rasulullah menjawab ‘Hari senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus  dan hariturunnya wahyu” (Hadits Riwayat Muslim).

Jadi kita melakukan ibadah puasa senin kamis merupakan hari yang sangat mulia, karena hari senin adalah  hari lahirnya Rasulullah  dan hari beliau menerima wahyu.


Manfaat Puasa Senin Kamis


Selain mempunyai banyak keutamaan, Puasa senin kamis juga banyak manfaatnya sobat. Diantaranya yaitu :

  1. Perisai Jiwa

Orang berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus, namun dalam berpuasa, mental kita juga sedang dilatih untuk bersabar, melatih megendalikan diri dan meningkatkan ketakwaan sobat.  Oleh karena itu bisa menjadi perisai bagi diri kita masing-masing dan akan meyelamatkan kita dari banyak hal yang berdampak buruk bagi kita.

  1. Meningkatkan Kedisiplinan

Mengerjakan ibadah puasa dapat meningkatkan tingkat kedisplinan kita loh sobat  dalam kehidupan sehari- hari, karena dalam puasa kita dituntut untuk makan atau minum dalam waktu yang ditentukan , yaitu saat tenggelamnya matahari.

Puasa adalah gambaran kecil dari kehidupan, jika kita bisa membiasakan  menahan lapar dan haus dan untuk selalu disiplin, maka dalam kehidupan sehari-haripun kita akan terbiasa untuk disiplin dan akan membentuk sebuah karakter. Kitapun juga akan merasa terus diawasi oleh Allah karena yang mengerti kita sedang berpuasa atau tidak hanyalah diri sendiri dan Allah SWT.

  1. Terhindar Dari Godaan Syaitan

Salah satu tujuan dari puasa yaitu menahan hawa nafsu, ketika kita berhasil menjalankan ibadah puasa kita  juga telah sukses  menaklukkan godaan syaitan yang selalu membuat khawatir dan was-was.  Dengan berpuasa jiwa kita telah terlindungi dari pengaruh-pengaruh syaitan untuk melakukan maksiat dan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

Meskipun sebelum berpuasa Syaitan selalu menakut-nakuti kita akan kelaparan, tapi bagi orang-orang yang bertakwa adalah hal yang mudah untuk dikalahkan karena Allah akan menggantinya dengan hpahala yang besar.

  1. Meningkatkan Amalan

Ketika kita sedang berpuasa , kita akan terdorong untuk melakukan ibadah –ibadah yang lain yang akan mendekatkan diri kita pada Allah. Karena saat puasa, nafsu kita dan godaan telah terkendali sehingga semangat untuk beribadah tumbuh.

  1. Meningkatkan Rasa Syukur

Saat berpuasa kita akan merasakan lapar dan haus. Keadaan itulah yang sering kita abaikan, bahwa sebenarnya banyak orang lain diluar sana yang setiap hari merasakan haltersebut. Dengan melakukan puasa senin kamis akhirnya kita dapat mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah begitu besar. Seperti masih ada makanan untuk berbuka, dan masih banyak hal yang perlu kita syukuri. Dengan berpuasa  kita bisa merasakan orang-orang yang belum beruntung  dan rasa syukur kita akan bertambah.

Melakukan puasa sunah senin kamis juga dapat menyempurnakan kekurangan-kekurangan dari puasa wajib kita sobat. Ibadah puasa senin kamis ini sudah  menjadi rutinan Rasulullah SAW dan beliaupun menganjurkan untuk menjadi kebiasaan muslim pula.


Hikmah Puasa senin kamis


Selain mempunyai keutamaan yang begitu besar, ternyata puasa senin kamis memiliki hikmah yang tidak banyak sobat ketahui. Salah satunya hikmah  dibidang kesehatan.

Kebanyakan orang-orang masih ragu untuk melakukan ibdah puasa karena khawatir akan kesehatnnya, takut lemas atau yang lainnya. Sebenarnya hal itu adalah salah satu godaan syaitan ketika hendak menjalankan ibadah kepada Allah. Didepan sudah dijelaskan bahwa Allah dan Rasulullah memerintahkan sesuatu untuk kebaikan hambanya. Termasuk puasa. Hikmah puasa senin kamis antara lain :

  1. Mengatasi Depresi

Secara psikis , puasa mampu mengurangi stress dan depresi  bagi beberpa orang, karena puasa belajar mengendalikan diri sendiri. Dengan puasa juga  tubuh akan mengalami peningkatan endofrin dalam darah dimana akan memberi perasaan sehat secara mental.

  1. Memperbaiki Kondisi Medis

Karena berpuasa membentuk pola makan yang teratur, maka dengan sahur dan berbuka yang sehat dapat memperbaiki radang sendi, radang usus besar, penyakit kulit. Tubuh dalam waktu kita berpuasa mengalami pembersihan dalam artian tidak ada makanan yang dicerna dan diolah sehingga organ tubuh tidak bekerja  terlalu keras.

  1. Menyehatkan Jantung

Dalam penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menjalani puasa selama sebulan memiliki resiko yang lebih rendah terjena penyakit jantung  sebesar 58 %  dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan puasa.

  1. Mengurangi Resiko Diabetes

Nah, bagi penderita diabetes ternyata berpuasa dapat mengurangi  resistensi insulin yang mengakibatkan diabetes loh. karena diabetes juga dipengaruhi pola makan yang teratur, nah pola makan yang baik juga dapat dilakukan dengan berpuasa.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker merupakan penyakit yang membahayakan dan belum ditemukan obat yang ampuh untuk mengobatinya. Ternyata Allah telah menyediakan obat tesebut dengan kita melakukan puasa.

Pada saat berpuasa , pembelahan sel pada tubuh akan berkurang  karena berkurangnya asupan . Penelitian ini dilakukan terhadap tikus dan terbukti bisa mngurangi risiko kanker.

  1. Menjaga Berat Badan

Hikmah Ini cocok Bagi sobat yang ingin menjaga berat badan. biasanya dilakukan oleh kaum hawa yang melakukan program diet. Sebenarnya tidak masalah jika menginginkan tubuh yang ideal dengan puasa, namun jangan sampai dengan hikmah ini membuat sobat salah niat.  Jadikan tubuh yang ideal hanya menjadi bonus saat berpuasa.

Saat kita berpuasa otomatis asupan berkurang, tapi proses pembakaran masih berlangsung dan akan membantu mengurangi berat badan. Pengurangan berat badan ini juga berkurangnya kolesterol. Turunnya berat badan akan memberi dampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.


Doa Berbuka Puasa Senin Kamis


Berbuka adalah hal yang ditunggu-tunggu saat bepuasa karena merupakan sebuah berkah. Supaya lebih berkah lagi sebagai muslim  perlu membaca doa ketika berbuka puasa senin kamis. Berikut bacaan doanya :

رِزْقِكَ وَعَلَى  صُمْتُ لَكَ اَللَّهُمَّ    فْطَرْتُأ    ذَهَبَ   الظَّمَأُ

وَابْتَلَّتِ   الْعُرُوْقُ     وَثَبَتَ  الْأَجْرُ         

Allahumma laka shumtu wa’ala rizqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallaatil ‘uruqu watsabatal ajru

Artinya: “Ya Allah hanya untuk Mu aku berbuka dan dengan rizki-Mu lah aku  berbuka. Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah serta pahala telah tetap”

 

Demikian ulasan kita mengenai puasa senin kamis, sebagai umat muslim sebaiknya ibadah ini menjadi rutinan selain sebagai pendekatan kita kepada Rabb, karena  ternyata puasa juga dapat mnyehatkan kita. Terimakasih sobat jangan lupa  setelah baca ini berbagi ilmu kepada sobat-sobat yang lain, karena berbagi ilmu termasuk ibadah sobat. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *